Senin, 16 Januari 2012

tugas ahir microprocsor MAR dan MDR

MAR Dan MDR

MAR : MEMORY ADDRESS REGISTER
Register yang berisi alamat yang mana alamat tersebut adalah alamat dari sel memory.
MDR : MEMORY DATA REGISTER
register yang berisi data, baik data yang berasal dari prosesor maupun memory
Proses kerja MAR dan MDR
Processor ==> Memory (Processor menyimpan data/inst ke memory)
Alamat data atau memory akan di kopikan ke dalam MAR, Kemudian alamat tersebut akan dicari didalam memory. Setelah ditemukan, data atau instruksi akan di masukkan ke dalam MDR. Alamat yang telah ditemukan tadi, sel memorynya akan diaktifkan. Lalu data atau instruksi yang ada di MDR dimasukkan ke dalam memory.
  1. Processor <== Memory (Processor mengambil data/inst dari memory)
Alamat data atau memory akan di kopikan ke dalam MAR, Kemudian alamat tersebut akan dicari didalam memory. Setelah ditemukan, maka sel memory yang berisi data atau instruksi akan aktif. Dengan aktifnya sel memory ini maka data atau instruksi yang ada didalamnya dapat di keluarkan untuk kemudian di tampung di dalam MDR
Melihat hal ini maka MAR digolongkan dalam register satu arah (Karena hanya berhubungan dengan memory(alamat) ). Sedang MDR digolongkan dalam register dua arah (Karena MDR dapat berisi data atau instruksi yg berasal dari processor atatu dari memory)
Upgrade Memory
Upgrade memory biasa dilakukan ketika system computer yang kita miliki mulai mengalami keterbatasan dalam pemrosessan. Ketika kita memperbesar kapasitas memory, secara tidak langsung akan berpengaruh pada kinerja MAR dan MDR.
Ketika memory bertambah ada 2- hal yang terjadi:
1. Meningkatkan Jumlah Bit alamat dari data atau instruksi di dalam MAR
2. Memperbesar lebar alamat dari instruksi
Dari dua hal diatas, ketika memory di perbesar maka MAR dan MDR akan secara leluasa memanfaatkan kapasitas dari memory yang telah di uprade tadi. Sehingga akan banyak alamat memory yang bisa di alamati dan banyak data atau instruksi yang bisa di akses. Dengan demikian akhirnya dengan meng upgrade memory biasanya computer yang tadinya lamban akan menjadi lebih cepat.
mar-mdr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar